6.19.2008

NAGA BONAR


Libur libur libur...jadi males banget ngapa2in (ato emang dasarnya males??) hehhehe..
Seperti biasa, nonton pasti jadi hal yang paling nyenengin selama liburan ini. Kayak semalem, aku ama sri nonton NAGA BONAR. Awalnya bingung, nonton ato ga..hhehehe..setelah mikir2 akhirnya murusin buat nonton.

Cerita tentang naga bonar, seorang pencopet yang diangkat jadi jenderal sama temen2 seperjuangannya. Ngambil latar belakang kehidupan dan peristiwa perjuangan rakyat ketika sedang melawan penjajahan Belanda di daerah Sumatera Utara pada era kemerdekaan. Film ini bener2 gugah rasa nasionalisme ku, sama sepert waktu aku nonton NAGA BONAR (JADI) 2 huhuhuhu...ketawa dan sedih jadi satu. Pantes aja film ini dapet piala CITRA FFI tahun 1987 .

As we know...film naga bonar yang diputer di bioskop tahun ini, adalah film yang sama dengan film Naga Bonar yang sempet sukses di tahun 1987. Hanya banyak bagian yang diperbaiki, dan karena film seluloidnya sudah banyak bagian yang rusak termakan oleh usia dan kesalahan penyimpanan.

Bagi aku dan generasi seangkatan ku yang bener2 ga tau gimana kondisi dan situasi pada saat perang kemerdekaan bener2 jadi kagum dengan perjuangan seluruh rakyat Indonesia waktu itu. Wwwwuuuiiiihhhh...mereka bener2 cuma punya 1 slogan hidup MERDEKA ATU MATI.

Film yang ditulis Asrul Sani ini, bener2 ngaduk2 emosi kita. Banyak hal2 konyol yang dilakuin ama Naga Bonar yang bener2 ngegelitik kita. Tapi ada juga bagian yang bener2 sedih...huks....pas si bujang Meninggal karena bertarung ama Belanda. Si Bujang bener2 setia ama si Naga Bonar (Pantes aja selain Ibunya dan Kirana Istrinya, Bujang adalah salah satu nama yang sering disebut2 ama si Naga di Naga Bonar (jadi) 2 ), kalo si Naga capek, bujang yang mijitin, kalo si naga mau naek turun kuda si Bujang yang bawa kursi kecil buat Naga, kalo si Naga pengen curhat tentang pasukan2 yang bikin dia pusing dan juga tentang balanda dan tentunya juga tentang Kirana, selalu aja curhat ama si Bujang. Jadi pas si Bujang meninggal itu bener2 sedih. Wwwuuuiiiihhh....film ini bener2 bikin rasa nasionalisme kita bangkit deh. Tapi ada 1 hal yang agak bikin bingung pas nonton, ada beberapa scene yang pake bahasa Belanda dan tanpa subtitle Indonesia.hihihihihi...jadi bingung....

ada kta2 yang bener2 bikin aku terhenyak...
" Hai pemuda Indonesia, bangkitlah kau semua. Negeri kita sudah merdeka Genderang perang sudah berbunyi dengarkan panggilan ibu Pertiwi! "

Kita sebagai generasi penerus, sudahkah kita mendengar panggilan Ibu pErtiwi untuk mengisi kemerdekaan dengan sebaik2nya?? Itu PR bagi kita semua......

Tidak ada komentar: